• 19 Juni 2019
  • 348 Kali Dilihat
  • Super Administrator
  • DLH Padang Akan Ajak Perusahaan Tanam Pohon di Jalan By Pass

    DLH Padang Akan Ajak Perusahaan Tanam Pohon di Jalan By Pass

    Wawancara Kadis LH dgn RRI 17 Juni 2019

    KBRN,Padang; Kondisi Jalur dua By Pass Kota Padang hingga saat ini masih gersang, akibat tidak adanya pohon yang ditanam. Hal tersebut tidak seperti jalan lainnya di Kota Padang yang terbilang cukup sejuk dan rindang.

    Terkait hal itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, berencana akan mengajak perusahaan, BUMN maupun BUMD untuk melakukan pembuatan taman di sepanjang 27 kilometer jalur dua By Pass tersebut. Konsep yang diterapkan dimaksud sama seperti yang sudah ada di Jalan Hamka, Air Tawar.

    Kepala DLH Kota Padang Mairizon menjelaskan, kerja sama dengan perusahaan terkait penanaman pohon di Jalur dua By Pass, akan segera direalisasikan dalam waktu dekat. Sebab pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang yang baru Mahyeldi-Hendri juga berkomitmen mewujudkan hal ini dalam program 100 hari kerja.

    "Kita akan ajak swasta melakukan penanaman pohon di By Pass," katanya kepada RRI, Senin (17/6/2019) di Padang.

    Mairizon menyebutkan, nantinya yang berkontribusi melakukan pembuatan taman di tengah jalur dua by pass, akan diperkenankan membuat plang atau penanda perusahaan bahwa taman tersebut mereka yang membuat. Konsep ini dipilih agar kondisi By Pass segera asri dan sejuk, karena tidak harus menunggu proses pengadaan anggaran melalui APBD.

    "Kami akan izinkan untuk membuat penanda di taman tersebut," ucapnya.

    Sebagian jalur dua By Pass sudah ada yang ditanami pohon, sebut Mairizion, contohnya yang terdapat di depan kampus Baiturahmah. Ia berharap, pihak ketiga maupun perusahaan yang ada di Kota Padang memiliki kepedulian terhadap kondisi jalur dua by pass tersebut.

    "Diharapkan jika ada CSR terkait penanaman pohon sebaiknya diarahkan ke jalur dua by pass, sehingga tidak lagi gersang seperti sekarang," sebutnya. (Melati Oktawina)

    Sumber : RRI.co.id (2019)